Kamis, 11 Desember 2008

Membangun Keyakinan



Yakin adalah sebuah modal.

Karena dengan keyakinan kita bisa mewujudkan apa yang kita inginkan.

Seorang muslim yang taat dalam menjalankan ibadahnya suatu kali pergi ke negeri China untuk memperluas bisnisnya dalam rangka mengekspansi pasar. Dalam minggu pertama di China, ia bersilahturrahmi ke rumah calon investornya. Calon tersebut memiliki perbedaan keyakinan dengan sang pebisnis muslim. Dengan keyakinan yang membara sang pebisnis muslim menawarkan konsep dan ide bisnis untuk dikembangkan di China. Meskipun keyakinan dari sang pebisnis muslim sudah mantap, tetapi dalam diri investor tidak yakin dengan tingkat keberhasilan yang akan dicapai.

Pada hari kelima sang pebisnis muslim bertemu kembali dengan calon investor tersebut. Tujuan pertemuan kelima adalah untuk menanyakan kesediaan calon investor tersebut untuk menanamkan modal pada bisnisnya, proses melobi yang dilakukan cukup lama hingga menjelang waktu Ashar, sang pebisnis muslim meminta izin untuk menjalankan shalat Ashar. Dan secara tidak sengaja calon investor tersebut melihat ia sholat dan setelah sang pebisnis muslin selesai, dan tanpa basa-basi calon investor tersebut setuju untuk memodali semua biaya pengembangan bisnis di China. Perubahan pandangan sang calon investor tersebut membuat bingung sang pebisnis muslim tersebut karena dalam proses melobi tersebut sang calon investor tidak menunjukan bahwa ia ingin memodali bisnisnya.

Karena bingung sang pebisnis muslim bertanya pada calon investor : “Saya merasa senang karena bapak mau bekerjasama dengan saya, tapi ada hal yang membuat saya bingung, kenapa pada pembicaraan kita diawal, bapak menjelaskan ketidakyakinan bapak pada saya akan bisnis ini tapi setelah saya selesai sholat, tiba-tiba bapak mau memodali semua kebutuhan saya. Apa yang membuat bapak jadi beubah pikiran ?”

Sang investorpun tersenyum sambil berkata saya kagum dengan keyakinan anda. Sesuatu yang tidak terlihat saja, dapat membuat anda yakin sepenuh hati dengan pemikiran tuhan anda akan membalas semua ibadah yang anda lakukan saat ini.. Dari hal ini saya merasakan getaran keyakinan yang sangat besar akan suksesnya bisnis anda.

Keyakinan yang kuat dapat menggetarkan apa saja yang menhalang didepan anda. Ketika anda yakin bahwa bisnis anda mempunyai kekuatan untuk menjadi besar maka anda akan mempunyai kekuatan dan spirit untuk mensukseskan bisnis anda dan jika anda tidak yakin dalam menjalankan bisnis anda jangan harap anda bisa sukses.

Sebagai seorang pengusaha ada tiga keyakinan yang harus kita perhatikan :

1. Keyakinan Diri Sendiri

Hal ini menjadi kewajiban bagi semua pengusaha yang ada di dunia ini. Karena jika diri kita sendiri sudah yakin akan bisnis yang anda jalankan, rekan bisnis pun akan yakin dengan kemampuan kita.

2. Keyakinan anda pada tim

Ketika kita berbisnis kita tidak bisa bekerja sendiri, artinya anda membutuhkan orang untuk menjadi tim dan dalam tim anda harus yakin akan kinerja mereka, hal ini harus anda tanam dalam benak anda karena “Kesuksesan sejati dibangun dengan kesolidan dan kekompakan tim, bukan karena kerja dari satu orang saja !”

3. Keyakinan anda kepada Allah SWT

Keyakinan ini sudah harus ada dalam hati anda jauh sebelum anda melangkah menjadi seorang pebisnis, hal ini harus dipahami karena anda hanya bisa berusaha dan keputusan anda sukses atau tidak semua di tangan Allah SWT. Oleh karena itu sempurnakan ikhtiar dengan menjalankan semua perintahnya dan terus memegang teguh pada keyakinan kita, Insya Allah akan membuka pintu rizki seluas-luasnya untuk kita, amin…

Tidak ada komentar:

Posting Komentar